CONTOH
UNTUK SD/SMP/SMA
FORMAT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Versi
Permendiknas No. 41 Tahun 2007
1.
Identitas
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1
Kelas/Semester :
10 /I
Mata Pelajaran/Tema : Akutansi /Kehidupan Sosial
Program/Program
Keahlian:
Jumlah Pertemuan (1 KD) : 3 Pertemuan
2.
Standar Kompetensi (SK)
Tuliskan SK sesuai silabus yang sudah
disusun
1. Memahami kehidupan sosial manusia
3.
Kompetensi Dasar (KD)
Tuliskan KD sesuai silabus yang sudah disusun
1. 1
Mengidentifikasi
interaksi sebagai proses sosial
1. 2
Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
1. 3
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
4.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Tuliskan semua Indikator yang dikembangkan
dalam silabus
5.
Tujuan Pembelajaran
Susun Tujuan Pembelajaran sesuai dengan
Indikator yang sudah disusun dengan menggunakan kriteria ABCD
6. KARAKTER
YANG DIKEMBANGKAN
Tuliskan
karakter-karakter yang relevan dengan kegiatan pembelajaran yang akan
dikembangkan dalam pembelajaran ini.
7. Materi Ajar
Tuliskan Materi Ajar yang sudah
dikembangkan menjadi Uraian Materi Ajar dan Butir-butir Materi dalam silabus Semacam “daftar isi”. Materi ajar ini kemudian dituangkan dalam RANCANGAN BAHAN AJAR
8. Alokasi Waktu
Tuliskan penggunaan waktu untuk setiap
penggalan pertemuan.
Misalnya Pertemuan pertama untuk mencapai
Indikator No. ...; ....; dan ..... Pertemuan kedua untuk mencapai Indikator No.
.... Pertemuan No. .... dan .....
9.
Metode Pembelajaran
Tuliskan metode atau strategi atau
pendekatan sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam silabus yang sudah disusun.
Metode ini harus sesuai dengan
langkah-langkah kegiatan inti dalam kegiatan pembelajaran
·
Strategi
Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
·
Model Pembelajaran : Model …
·
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab. ….
10.
Kegiatan Pembelajaran
Terdiri atas 3 (tiga) langkah:
a. Kegiatan Pendahuluan
Tuliskan kegiatan rutin/prapembelajaran yang di dalamnya bisa memuat
pengembangan karakter tertentu (Misal: mengucap salam, berdoa, mengabsen, menyiapkan diri belajar, dll.)
Tuliskan apa yang akan
dilakukan guru dalam kegiatan awal, misalnya:
i.
Menyampaikan tujuan atau KD
ii.
Menyampaikan poin-poin materi ajar
iii.
Memberikan ilustrasi / contoh terkait KD
iv.
Memberikan apersepsi
v.
Dll
b. Kegiatan Inti
Jelaskan langkah-langkah
kegiatan inti pembelajaran yang meliputi
proses Eksplorasi, Elaborasi, dan
Konfirmasi yang akan digunakan selama kegiatan pembelajaran untuk mencapai
KD.
1.
Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang
mengandung proses Eksplorasi manifestasi kegiatan pembelajaran Tatap Muka.
Kegiatan eksplorasi ini bisa mengembangkan karakter tertentu sesuai dengan
rancangan pembelajaran guru.
Kegiatan eksplorasi ini juga bisa
menggambarkan apakah guru menggunakan ICT/ Multi Media/Media pembelajaran atau tidak dalam pembelajarannya.
Misal guru menyajikan materi dengan LCD atau multimedia, mengambil bahan dari
internet, dll. Jika Guru menggunakan MEDIA PEMBELAJARAN, maka rancangan media
pembelajaran dibuat dalam sebuah RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN.
2.
Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang
mengandung proses Elaborasi manifestasi
kegiatan Penugasan Terstruktur.
Kegiatan elaborasi ini bisa mengembangkan
karakter tertentu sesuai dengan MODEL
PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN guru.
Kegiatan elaborasi ini juga bisa menggambarkan
apakah guru menggunakan ICT atau tidak dalam pembelajarannya. Misalnya siswa
mempelajari dan mencari bahan dari internet,
mempresentasikan hasil kelompok dengan LCD, diunggah di situs sekolah,
dll.
Kegiatan elaborasi ini juga bisa
menggambarkan apakah guru menggunakan MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (PAKEM) atau
tidak. Jika menggunakan model pembelajaran aktif, maka akan Nampak pada langkah-langkah pembelajarannya.
Kegiatan
siswa dalam Elaborasi sebaiknya DITUANGKAN
DALAM LKS (LEMBAR KERJA SISWA).
3.
Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang
mengandung proses Konfirmasi
Kegiatan konfirmasi ini bisa mengembangkan
karakter tertentu sesuai dengan rancangan pembelajaran guru.
c. Kegiatan Penutup
Tuliskan apa yang akan
dilakukan guru pada akhir pertemuan, misalnya:
i.
Membuat kesimpulan/rangkuman sendiri,
bersama siswa, atau meminta siswa membuat kesimpulan.
ii.
Memberikan tindak lanjut (Tugas, PR,
Praktikum, Ulangan, Tes, dll) atau
Penugasan Terstruktur atau Kegiatan Mandiri Tidak Testruktur Siswa bisa diminta memanfaatkan ICT untukj
kegiatan tindak lanjut ini
Tuliskan kegiatan rutin penutup yang di dalamnya bisa memuat pengem-bangan karakter tertentu (Misal: mengucap salam, berdoa, menata bangku/meja, tertib, dll.)
11.
Penilaian Pembelajaran
Tuliskan teknik tes/nontes dan ragam
tes/nontes yang akan digunakan
Tuliskan penilaian karakter
yang dikembangkan dalam pembelajaran ini, format/instrumen penilaiannya,
rubriknya, dll.
KISI-KISI SOAL TES, Butir
Soal, Kunci Jawaban, Pedoman Penyekoran dibuat dalam RANCANGAN PENILAIAN/ASSESSMENT.
12.
Sumber Belajar
Tuliskan
buku teks pelajaran (minimal 2 buah) yang akan digfinakan guru dalam
pembelajaran (Pengarang, tahun, judul, kota, penerbit, nomor halaman); media
atau alat pembelajaran yang akan digunakan; serta bahan-bahan yang akan
digunakan.
Tuliskan isumber belajar
yang berbasis ICT yang digunakan guru dalam pembelajaran ini.
Samarinda, ................................. 2012
Mengetahui Kepala
Sekolah Guru Kelas/Matapelajaran
(............................................) (............................................)
LAMPIRAN RPP:
1.
Rancangan Bahan Ajar
2.
Rancangan Media Pembelajaran
3.
Rancangan LKS
4.
Rancangan Penilaian/Assessment
1. RANCANGAN BAHAN AJAR
Bahan ajar adalah
bahan pegangan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar ini
disusun oleh guru sesuai dengan Materti Ajar yang sudah dituangkan dalam RPP.
Bentuk bahan ajar
adalah :
- Ringkasan materi pelajaran (sesuai dengan urutan materi dalam RPP) yang disusun oleh guru dengan kalimat sendiri, seperti yang akan dituturkan dalam ceramah atau kegiatan eksplorasi. Sesuai dengan pengalaman guru, guru menuliskan bahan ajar yang sifatnya kontekstual, didekatkan dengan lingkungan sekitar, dan bersifat mutakhior dalam contoh-contohnya.
- Handout (buku pegangan) yang memuat pokok-pokok penting dari materi yang diajarkan oleh guru, bisa ditulis secara tidak lengkap, sehingga ketika digunakan dalan pembelajaran di kelas, siswa dapat melengkapi atau menuliskan bagian-bagian yang didak lengkap dalam Handout setelah mendengarkan/mengikuti penjelasan guru.
- Dikat atau Modul, yang disusun guru secara khusus dengan sistematika yang sesuai , dan dapat digunakan siswa unuk belajar sendiri, atau untuk berlatih secara individual.
CONTOH SISTEMATIKA (SEDERHANA):
RANCANGAN BAHAN AJAR
- Judul : _____________________________________________________________
- Kompetensi Dasar : __________________________________________________
____________________________________________________________________
- Bahan Ajar:
A. Sub Judul sesuai dengan Indikator1
B. Sub Judul sesuai dengan Indikator2
C. Sub Judul sesuai dengan Indikator3
D. Sub Judul sesuai dengan Indikator4
E.
Dst.
- Soal Latihan:
- Daftar Pustaka:
2. RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Rancangan Media
Pembelajaran adalah rancangan tentang media yang akan digunakan dalam kegiatan
pembelajaran, baik yang akan digunakan oleh guru dalam penyajian/ceramahnya
(dalam Eksplorasi) atau yang akan digunakan siswa dalam kegiatan belajar pada
proses Elaborasi.
Media yang
digunakan dalam pembelajaran bisa berupa media gambar, chart, model, benda
nyata, rekaman audio, atau film/video.
Setiap media yang
digunakan dibuatkan deskripsi singkat, dan digunakan untuk menjelasakan materi
apa atau untuk kegiatan pembeljaran apa.
Contoh : 1
Rancangan Media Gambar/Foto
Deskripsi :
Gambar di atas adalah Bagian-bagian jantung. Gambar tersebut sudah ada di
sekolah, dalam bentuk poster IPA.
Atau
Gambar di atas adalah Bagian-bagian jantung. Gambar tersebut dibuat sendiri/digambar
oleh guru IPA.
Atau
Gambar di atas adalah Bagian-bagian jantung. Gambar tersebut akan ditayangkan
guru dengan LCD. Proyektor dan Laptop
Penggunaan Media Gambar:
Media gambar
Bagian-bagian Jantung iniu akan digunakan oleh guru untuk menjelaskan materi tentang ….. terkait
dengan indicator ……………………….
Atau
Media gambar
Bagian-bagian Jantung iniu akan digunakan oleh guru untuk menjelaskan secara singkat materi
tentang ….. terkait dengan indicator ……………………… SELANJUTNYA digunakan siswa
dalam kerja kelompok. Sehingga setiap kelompok diberikan fotokopi atau printout
gambar bagian-bagian jantung.
Contoh 2:
Media Benda Nyata Mikroskop
Deskripsi
Mikroskop sudah
ada di sekolah kami. Jumklahnya 2 buah.
Penggunaannya:
Mikroskop akan
digunakan untuk melihat sel tumbuhan dan hewan. Mikroskop akan digunakan guru
di depan kelas (demonstrasi), setelah itu para siswa melihat apa sel tumbuhan
dan hewan secara berkelompok. Siswa diminta membedakan sel tumbuhan dan sel
hewan. Mikroskop digunakan di dalam kelas, karena sekolah tidak memiliki ruang
laboratorium. Mikroskop ini digunakan untuk mencapai KD ….. dan indicator …….
Contoh 3:
Media Film atau Video
Deskripsi
Media
pembelajaran vido:
Nama film/video :
Kehidupan Masyarakat di Irian (Suku Papua)
Alat yang
diperlukan “ Televisi 29 inci, DVD Player
Durasi : 25 menit
Penggunaan Media Video
Media video ini
digunakan untuk menjelaskan materi tentang Kehidupan Masyarakat di Indonesia
(suku-suku di daerah terpencil atau pedalaman).
Media ini
digunakan sebagai kegiatan elaborasi, siswa diminta menonton video, mengamati
dan mencatat hal-hal penting dalam video tersebut. Kemudian dilakukan diskusi
membahas hasil pengamatan siswa.
3. LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
LKS (lembar
kegiatan siswa) adalah sebuah lembar yang berisi seperangkat instruksi tentang
suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa secara berkelompok atau individual dalam proses
Elaborasi.
Kegiatan belajar
dalam LKS bisa berupa:
- Kegiatan diskusi : Topik diskusi, cara berdiskusi/model diskusi yang digunakan (langkah-langkahnya), dan tugas-tugas yang terkait dengan itu, serta hal-hal yang didiskusikan oleh kelompok dan apa yang harus dilaporkannya.
- Kegiatan simulasi/bermain peran atau praktik yang harus dilakukan siswa, serta tugas-tugas lain yang terkait dengan hal tersebut.
- Kegiatan pengamatan yang harus dilakukan siswa (mengamati gambar, video, produk, dll), dan tugas-tugas yang harus dilakukan.
- Kasus-kasus atau soal yang harus dipecahkan siswa secara kelompok atau individual
- Latihan soal pendalaman.
- Dll
Contoh LKS 1:
Untuk kegiatan Simulasi
- Buat Naskah Simulasi/bermain peran
Deskripsi naskah:
a. Judul : Barter
b. KD : Uang
c. Kegiatan Simulasi 1:
Dua orang murid disuruh memperagakan kegiatan barter. Salah seorang
memiliki beras membutuhkan gula. Siswa yang lain memiliki gula, dan memerlukan
beras. Bagaimana proses barternya?
d. Kegiatan Simulasi 2:
Dua orang murid disuruh memperagakan kegiatan barter. Salah seorang
memiliki beras membutuhkan gula. Siswa yang lain memiliki gula, dan memerlukan
pakaian. Bagaimana proses barternya?
e. Kegiatan Simulasi 3:
Enam orang murid disuruh memperagakan kegiatan barter. Siswa I memiliki
beras membutuhkan gula. Siswa 2 memiliki gula, dan memerlukan pakaian. Siswa 3
memiliki pakaian dan memerlukan garam. Siswa 4 memiliki garam dan memerlukan
daging. Siswa 5 memiliki daging dan memerlukan beras. Bagaimana proses
barternya
sehingga masing-masing orang memiliki apa yang dibutuhkan?
f. Guru dan/atau siswa menyusun
scenario/naskah dialog simulasi sebelum melakukan simulasi.
- Penggunaan LKS Simulasi
LKS simulasi digunakan untuk KD …… Indikator …….
LKS digunakan pada kegiatan inti pembelajaran, yaitu pada proses elaborasi,
dimana guru memberikan tugas kelompok kepada siswa untuk melakukan simulasi
(model pembelajaran simulasi/role playing)
Setiap kelompok ditugasi melakukan simulasi sesuai dengan scenario yang
sudah dibuat. Kelompok-kelompok lain disuruh mengamati jalannya simulasi dan
mencatat hal-hal yang disimulasikan. Setelah itu dilakukan diskusi pleno.
Contoh LKS 2:
Untuk kegiatan Pengamatan Video/Film
- Deskripsi LKS
LKS nerisi kegiatan yang harus dilakukan siswa sbb:
a. Amati dengan seksama tayangan video yang
berjudul …..
b. Catat hal penting/menarik tentang
kehidupan masyarakat yang ada dalam video tersebut.
c. Diskusikan dalam kelompokmu.
d. Jawablah pertanyaan-pertanyaan beriklut:
(1)
(2)
(3)
(4)
e. Lakukan diskusi pleno/kelas
- Penggunaan Media Video
LKS digunakan sebagai pelengkap kegiatan elaborasi Tugas Kelompok Mengamati
Video, untuk topik tertentu (Lihat Rancangan Media Pembelajaran di atas)
.
Contoh LKS 3:
Untuk kegiatan Pemecahan Masalah
- Deskripsi LKS
LKS ini memuat kasus-kasus atau
persoalan yang harus dikerjakan siswa secara berkelompok dengan menggunakan
model pembelajaran Pemecahan Masalah.
LKS memuat perintah sebagai berikut:
a. Diskusikan dalam kelompokmu dan carilah
jawaban atas kasus-kasus berikut.
b. Kasus-kasus yang harus dipecahkan adalah
sbb:
(1) Kasus 1
(2) Kasus 2
(3) Kasus 3
c. Setelah diskusi da pemecahan masalah
dilakukan, diskusikan dalam diskusi pleno/kelas.
- Penggunaan LKS
LKS ini digunakan untuk KD …. Dan Indikator …..
|LK ini digunakan untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran pemecahan
masalah (problem based learning)
Contoh LKS 4:
Untuk kegiatan Diskusi dengan Model
tertentu
- Deskripsi LKS
LKS ini memuat TOPIK (termasuk sub-topik) yang harus
didiskusikan siswa secara berkelompok dengan
menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan model. Misalkan STAD, Jigsaw, NHT, TPS, Bertukar
Pasangan, dll.
Tuliskan langkah-langkah diskusi sesuai dengan Model Diskusi yang
digunaklan.
Setelah diskusi dalam
kelompoj, diskusikan dalam
diskusi pleno/kelas atau
kegiatan tindak lanjut sesuai dengan model diskunya.
Rancangannya:
1) Topik dan subtopik (jika diperlukan)
2) Langkah-langkah/cara berdiskusi (sesuai dengan
syntax/scenario/langkah-langkah dalam model pembelajaran yang dipakai, bis
dimodifikasi).
3) Tugas khusus diskusi, atau pertanyaan yang
harus diselesaikan melalui diskusi
4)
Kegiatan Diskusi Kelas/Pleno
- Penggunaan LKS
LKS ini digunakan untuk KD …. Dan Indikator …..
|LK ini digunakan untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran Diskusi model STAD, JIGSWAS, NHT, TPS atau
lainnya.
4. LEMBAR
PENILAIAN/ASSESSMENT
Lembar penilaian
memuat antara lain :
- Bagian I : Rancangan Penilaian Tes yang akan dilakukan. |Yang terdiri atas:
(1) Kisi-kisi soal tes
(2) Butir Soal
(3) Kunci jawaban/rambu-rambu jawaban
(4) Pedoman Penekoran
(5)
- Bagian II : |Rancangan Penilaian Non-tes. Yang terdiri atas dua bentuk:
(1) Penilaian Non-tes untuk aspek
Akademis/Kognitif atau Keterampilan Teknis/ Psikomotorik
(2) Penilaian |Non-tes untuk Aspek Afektif /
Pendidikan Karakter
Contoh 1 : Rancangan Penilaian Tes
(1|) Kisi-kisi soal Tes
- Matapelajaran
- Kelas/Semester
- Standar Kompetensi
- Kompetensi Dasar
NO
|
INDIKATOR
|
JUMLAH SOAL TERTULIS
|
SOAL LISAN/ UNJUK KERJA
|
|
URAIAN
|
PILIHAN
|
|||
(2) Soal Tes Tertulis es & Kunci Jawaban
A. Butrir Soal Tes Uraian
B. Butir |oal Tes Pilihan
C. Kunci Jawaban
(3) Soal Tes Lisan / Unjuk Kerja
Tuliskan perintah atau soal yang sesuai
(4) Pedoman |Penyekoran
Contoh 2 : Rancangan Penilaian Non-Tes ntuk Aspek
Akademis
Instrumen Pengamatan Kemampuan Akademik dalam Kegiatan Diskusi
NO
|
ASPEK KEMAMPUAN YANG DIAMATI
|
SKOR
|
1
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat/argumentasi
|
1 2 3
4 5
|
2
|
Katepatan/kesesuaian
jawaban/tanggapan
|
1 2 3
4 5
|
3
|
1 2 3
4 5
|
|
4
|
1 2 3
4 5
|
|
5
|
||
JUMLAH SKOR
|
|
Rukrik Penilaian
Keterangan
Contoh 3 : Rancangan Penilaian Non-Tes untuk Aspek
Karakter
Instrumen Pengamatan Karakter dalam Kegiatan Diskusi
NO
|
ASPEK KARAKTER YANG DIAMATI
|
SKOR
|
1
|
Kemampuan
bekerjasama/Solidaritas
|
1 2 3
4 5
|
2
|
Katerbukaan
/Demokratis
|
1 2 3
4 5
|
3
|
Kemampuan
berkomunikasi lisan
|
1 2 3
4 5
|
4
|
Sopan santun
|
1 2 3
4 5
|
5
|
||
JUMLAH SKOR
|
ukrik Penilaian
Keterangan
CONTOH UNTUK SD/SMP/SMA
FORMAT SILABUS KTSP
(Permendiknas No. 41/2007)
Satuan Pendidikan :
_______________________________
Kelas/Semester :
_______________________________
Program/Program Keahlian :
_______________________________
Matapelajaran :
_______________________________
Jumlah Pertemuan (untuk 1 SK) :
_______________________________
STANDAR
KOMPETENSI : _______________________________________________________________________________________________________________
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI AJAR
DAN
URAIAN MATERI AJAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENDIDIKAN KARAKTER
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
KD 1
|
TATAP MUKA
PENUGASAN
TERSTRUKTUR
KEGIATAN
MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
|
Tuliskan
karakter yang sesuai TM
Tuliskan
karakter yang sesuai PT
Tuliskan
karakter yang sesuai KMTT
|
Lanjutab
KD 2
|
TM
PT
KMTT
|
||||||
KD 3 DST
|
TM
PT
KMTT
|
Sports Betting - Mapyro
BalasHapusBet the 출장샵 moneyline febcasino from 1:25 PM to 11:00 PM. See more. https://access777.com/ MapYO Sportsbook features live odds, live streaming, gri-go.com and detailed 토토사이트 information.