Senin, 31 Desember 2012

contoh format rpp dan silabus



CONTOH UNTUK SD/SMP/SMA
FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Versi Permendiknas No. 41 Tahun 2007


1.                 Identitas
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1
Kelas/Semester                        : 10      /I
Mata Pelajaran/Tema               :  Akutansi /Kehidupan Sosial
Program/Program Keahlian:
Jumlah Pertemuan (1 KD)      :  3 Pertemuan


2.                 Standar Kompetensi (SK)
Tuliskan SK sesuai silabus yang sudah disusun
1.   Memahami kehidupan sosial manusia


3.                 Kompetensi Dasar (KD)
Tuliskan KD  sesuai silabus yang sudah disusun
1. 1            Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
1. 2            Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
1. 3            Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

4.                 Indikator Pencapaian Kompetensi
Tuliskan semua Indikator yang dikembangkan dalam silabus


5.                 Tujuan Pembelajaran
Susun Tujuan Pembelajaran sesuai dengan Indikator yang sudah disusun dengan menggunakan kriteria ABCD



6.   KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
Tuliskan karakter-karakter yang relevan dengan kegiatan pembelajaran yang akan dikembangkan dalam pembelajaran ini.



7. Materi Ajar
Tuliskan Materi Ajar yang sudah dikembangkan menjadi Uraian Materi Ajar dan Butir-butir Materi dalam silabus  Semacam “daftar isi”. Materi ajar ini kemudian dituangkan dalam RANCANGAN BAHAN AJAR

8.     Alokasi Waktu
Tuliskan penggunaan waktu untuk setiap penggalan pertemuan.
Misalnya Pertemuan pertama untuk mencapai Indikator No. ...; ....; dan ..... Pertemuan kedua untuk mencapai Indikator No. .... Pertemuan No. .... dan .....



9.                 Metode Pembelajaran
Tuliskan metode atau strategi atau pendekatan sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam silabus yang sudah disusun. Metode ini harus sesuai dengan langkah-langkah kegiatan inti dalam kegiatan pembelajaran
·         Strategi  Pembelajaran      :  Pembelajaran Kooperatif
·         Model Pembelajaran         :  Model …     
·         Metode Pembelajaran       :  Ceramah, Tanya jawab. ….


10.            Kegiatan Pembelajaran
Terdiri atas 3 (tiga) langkah:
a.    Kegiatan Pendahuluan
Tuliskan kegiatan rutin/prapembelajaran yang di dalamnya bisa memuat pengembangan karakter tertentu (Misal: mengucap salam, berdoa, mengabsen, menyiapkan diri belajar, dll.)

Tuliskan apa yang akan dilakukan guru dalam kegiatan awal, misalnya:
                                                        i.      Menyampaikan tujuan atau KD
                                                      ii.      Menyampaikan poin-poin materi ajar
                                                    iii.      Memberikan ilustrasi / contoh terkait KD
                                                     iv.      Memberikan apersepsi
                                                       v.      Dll

b.    Kegiatan Inti
Jelaskan langkah-langkah kegiatan inti pembelajaran  yang meliputi proses Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi yang akan digunakan selama kegiatan pembelajaran untuk mencapai KD.
1.            Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang mengandung proses Eksplorasi  manifestasi kegiatan  pembelajaran Tatap Muka.
Kegiatan eksplorasi ini bisa mengembangkan karakter tertentu sesuai dengan rancangan pembelajaran guru.
Kegiatan eksplorasi ini juga bisa menggambarkan apakah guru menggunakan ICT/ Multi Media/Media pembelajaran  atau tidak dalam pembelajarannya. Misal guru menyajikan materi dengan LCD atau multimedia, mengambil bahan dari internet, dll. Jika Guru menggunakan MEDIA PEMBELAJARAN, maka rancangan media pembelajaran dibuat dalam sebuah RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN.


2.            Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang mengandung proses Elaborasi manifestasi kegiatan Penugasan Terstruktur.
Kegiatan elaborasi ini bisa mengembangkan karakter tertentu sesuai dengan MODEL  PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN guru.
Kegiatan elaborasi ini juga bisa menggambarkan apakah guru menggunakan ICT atau tidak dalam pembelajarannya. Misalnya siswa mempelajari dan mencari bahan dari internet,  mempresentasikan hasil kelompok dengan LCD, diunggah di situs sekolah, dll.
Kegiatan elaborasi ini juga bisa menggambarkan apakah guru menggunakan MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (PAKEM) atau tidak. Jika menggunakan model pembelajaran aktif, maka akan Nampak  pada langkah-langkah pembelajarannya.
Kegiatan siswa dalam Elaborasi sebaiknya DITUANGKAN DALAM LKS (LEMBAR KERJA SISWA).

3.            Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang mengandung proses Konfirmasi
Kegiatan konfirmasi ini bisa mengembangkan karakter tertentu sesuai dengan rancangan pembelajaran guru.


c.     Kegiatan Penutup
Tuliskan apa yang akan dilakukan guru pada akhir pertemuan, misalnya:
                                                  i.      Membuat kesimpulan/rangkuman sendiri, bersama siswa, atau meminta siswa membuat kesimpulan.
                                                ii.      Memberikan tindak lanjut (Tugas, PR, Praktikum, Ulangan, Tes, dll) atau Penugasan Terstruktur atau Kegiatan Mandiri Tidak Testruktur  Siswa bisa diminta memanfaatkan ICT untukj kegiatan tindak lanjut ini

Tuliskan kegiatan rutin penutup yang di dalamnya bisa memuat pengem-bangan karakter tertentu (Misal: mengucap salam, berdoa, menata bangku/meja, tertib, dll.)


11.         Penilaian Pembelajaran
Tuliskan teknik tes/nontes dan ragam tes/nontes yang akan digunakan
Tuliskan penilaian karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran ini, format/instrumen penilaiannya, rubriknya, dll.

KISI-KISI SOAL TES, Butir Soal, Kunci Jawaban, Pedoman Penyekoran dibuat dalam RANCANGAN PENILAIAN/ASSESSMENT.


12.            Sumber Belajar
Tuliskan buku teks pelajaran (minimal 2 buah) yang akan digfinakan guru dalam pembelajaran (Pengarang, tahun, judul, kota, penerbit, nomor halaman); media atau alat pembelajaran yang akan digunakan; serta bahan-bahan yang akan digunakan.
Tuliskan isumber belajar yang berbasis ICT yang digunakan guru dalam pembelajaran ini.





Samarinda, ................................. 2012  

Mengetahui Kepala Sekolah                                            Guru Kelas/Matapelajaran



(............................................)                                      (............................................)






LAMPIRAN RPP:
1.  Rancangan Bahan Ajar
2.  Rancangan Media Pembelajaran
3.  Rancangan LKS
4.  Rancangan Penilaian/Assessment





























1.    RANCANGAN BAHAN AJAR


Bahan ajar adalah bahan pegangan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar ini disusun oleh guru sesuai dengan Materti Ajar yang sudah dituangkan dalam RPP.
Bentuk bahan ajar adalah :
  1. Ringkasan materi pelajaran (sesuai dengan urutan materi dalam RPP) yang disusun oleh guru dengan kalimat sendiri, seperti yang akan dituturkan dalam ceramah atau kegiatan eksplorasi. Sesuai dengan pengalaman guru, guru  menuliskan bahan ajar yang sifatnya kontekstual, didekatkan dengan lingkungan sekitar, dan bersifat mutakhior dalam contoh-contohnya.
  2. Handout (buku pegangan) yang memuat pokok-pokok penting dari materi yang diajarkan oleh guru, bisa ditulis secara tidak lengkap, sehingga ketika digunakan dalan pembelajaran di kelas, siswa dapat melengkapi atau menuliskan bagian-bagian yang didak lengkap dalam Handout setelah mendengarkan/mengikuti penjelasan guru.
  3. Dikat atau Modul, yang disusun guru secara khusus dengan sistematika yang sesuai , dan dapat digunakan siswa unuk belajar sendiri, atau untuk berlatih secara individual.

  
CONTOH  SISTEMATIKA (SEDERHANA):

RANCANGAN BAHAN AJAR

  1. Judul : _____________________________________________________________

  1. Kompetensi Dasar : __________________________________________________
____________________________________________________________________

  1. Bahan Ajar:
A.    Sub Judul sesuai dengan Indikator1

B.     Sub Judul sesuai dengan Indikator2

C.     Sub Judul sesuai dengan Indikator3

D.    Sub Judul sesuai dengan Indikator4

E.     Dst.


  1. Soal Latihan:


  1. Daftar Pustaka:






2.    RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN


Rancangan Media Pembelajaran adalah rancangan tentang media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, baik yang akan digunakan oleh guru dalam penyajian/ceramahnya (dalam Eksplorasi) atau yang akan digunakan siswa dalam kegiatan belajar pada proses Elaborasi.
Media yang digunakan dalam pembelajaran bisa berupa media gambar, chart, model, benda nyata, rekaman audio, atau film/video.
Setiap media yang digunakan dibuatkan deskripsi singkat, dan digunakan untuk menjelasakan materi apa atau untuk kegiatan pembeljaran apa.

Contoh : 1
Rancangan Media Gambar/Foto
  











Deskripsi :
Gambar di atas adalah Bagian-bagian jantung. Gambar tersebut sudah ada di sekolah, dalam bentuk poster IPA. 
Atau
Gambar di atas adalah Bagian-bagian jantung. Gambar tersebut dibuat sendiri/digambar oleh guru IPA.
Atau
Gambar di atas adalah Bagian-bagian jantung. Gambar tersebut akan ditayangkan guru dengan LCD. Proyektor dan Laptop

Penggunaan Media Gambar:
Media gambar Bagian-bagian Jantung iniu akan digunakan oleh guru  untuk menjelaskan materi tentang ….. terkait dengan indicator ……………………….
Atau
Media gambar Bagian-bagian Jantung iniu akan digunakan oleh guru  untuk menjelaskan secara singkat materi tentang ….. terkait dengan indicator ……………………… SELANJUTNYA digunakan siswa dalam kerja kelompok. Sehingga setiap kelompok diberikan fotokopi atau printout gambar bagian-bagian jantung.






Contoh 2:
Media Benda Nyata Mikroskop


 













Deskripsi
Mikroskop sudah ada di sekolah kami. Jumklahnya 2 buah.

Penggunaannya:
Mikroskop akan digunakan untuk melihat sel tumbuhan dan hewan. Mikroskop akan digunakan guru di depan kelas (demonstrasi), setelah itu para siswa melihat apa sel tumbuhan dan hewan secara berkelompok. Siswa diminta membedakan sel tumbuhan dan sel hewan. Mikroskop digunakan di dalam kelas, karena sekolah tidak memiliki ruang laboratorium. Mikroskop ini digunakan untuk mencapai KD ….. dan indicator …….


Contoh 3:
Media Film atau Video



 








Deskripsi
Media pembelajaran vido:
Nama film/video : Kehidupan Masyarakat di Irian (Suku Papua)
Alat yang diperlukan “ Televisi 29 inci, DVD Player
Durasi : 25 menit

Penggunaan Media Video
Media video ini digunakan untuk menjelaskan materi tentang Kehidupan Masyarakat di Indonesia (suku-suku di daerah terpencil atau pedalaman).
Media ini digunakan sebagai kegiatan elaborasi, siswa diminta menonton video, mengamati dan mencatat hal-hal penting dalam video tersebut. Kemudian dilakukan diskusi membahas hasil pengamatan siswa.


3.    LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)

LKS (lembar kegiatan siswa) adalah sebuah lembar yang berisi seperangkat instruksi tentang suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa secara  berkelompok atau individual dalam proses Elaborasi.
Kegiatan belajar dalam LKS bisa berupa:
  1. Kegiatan diskusi : Topik diskusi, cara berdiskusi/model diskusi yang digunakan (langkah-langkahnya), dan tugas-tugas yang terkait dengan itu, serta hal-hal yang didiskusikan oleh kelompok dan apa yang harus dilaporkannya.
  2. Kegiatan simulasi/bermain peran atau praktik  yang harus dilakukan siswa, serta tugas-tugas lain yang terkait dengan hal tersebut.
  3. Kegiatan pengamatan yang harus dilakukan siswa (mengamati gambar, video, produk, dll),  dan tugas-tugas yang harus dilakukan.
  4. Kasus-kasus atau soal yang harus dipecahkan siswa secara kelompok atau individual
  5. Latihan soal pendalaman.
  6. Dll


Contoh LKS 1:
Untuk kegiatan Simulasi
  1. Buat Naskah Simulasi/bermain peran
Deskripsi naskah:
a.       Judul : Barter
b.      KD : Uang
c.       Kegiatan Simulasi 1:
Dua orang murid disuruh memperagakan kegiatan barter. Salah seorang memiliki beras membutuhkan gula. Siswa yang lain memiliki gula, dan memerlukan beras. Bagaimana proses barternya?   
d.      Kegiatan Simulasi 2:
Dua orang murid disuruh memperagakan kegiatan barter. Salah seorang memiliki beras membutuhkan gula. Siswa yang lain memiliki gula, dan memerlukan pakaian. Bagaimana proses barternya?  
e.       Kegiatan Simulasi 3:
Enam orang murid disuruh memperagakan kegiatan barter. Siswa I memiliki beras membutuhkan gula. Siswa 2 memiliki gula, dan memerlukan pakaian. Siswa 3 memiliki pakaian dan memerlukan garam. Siswa 4 memiliki garam dan memerlukan daging. Siswa 5 memiliki daging dan memerlukan beras. Bagaimana proses barternya
sehingga masing-masing orang memiliki apa yang dibutuhkan?  
f.       Guru dan/atau siswa menyusun scenario/naskah dialog simulasi sebelum melakukan simulasi.

  1. Penggunaan LKS Simulasi
LKS simulasi digunakan untuk KD …… Indikator …….
LKS digunakan pada kegiatan inti pembelajaran, yaitu pada proses elaborasi, dimana guru memberikan tugas kelompok kepada siswa untuk melakukan simulasi (model pembelajaran simulasi/role playing)
Setiap kelompok ditugasi melakukan simulasi sesuai dengan scenario yang sudah dibuat. Kelompok-kelompok lain disuruh mengamati jalannya simulasi dan mencatat hal-hal yang disimulasikan. Setelah itu dilakukan diskusi pleno.


Contoh LKS 2:
Untuk kegiatan Pengamatan Video/Film
  1. Deskripsi LKS
LKS nerisi kegiatan yang harus dilakukan siswa sbb:
a.       Amati dengan seksama tayangan video yang berjudul …..
b.      Catat hal penting/menarik tentang kehidupan masyarakat yang ada dalam video tersebut.
c.       Diskusikan dalam kelompokmu.
d.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan beriklut:
(1)
(2)
(3)
(4)
e.       Lakukan diskusi pleno/kelas

  1. Penggunaan Media Video
LKS digunakan sebagai pelengkap kegiatan elaborasi Tugas Kelompok Mengamati Video, untuk topik tertentu (Lihat Rancangan Media Pembelajaran di atas)


.
Contoh LKS 3:
Untuk kegiatan Pemecahan Masalah
  1. Deskripsi LKS
LKS  ini memuat kasus-kasus atau persoalan yang harus dikerjakan siswa secara berkelompok dengan menggunakan model pembelajaran Pemecahan Masalah.
LKS memuat perintah sebagai berikut:
a.       Diskusikan dalam kelompokmu dan carilah jawaban atas kasus-kasus  berikut.
b.      Kasus-kasus yang harus dipecahkan adalah sbb:
(1)   Kasus 1

(2)   Kasus 2

(3)   Kasus 3

c.       Setelah diskusi da pemecahan masalah dilakukan, diskusikan dalam diskusi pleno/kelas.

  1. Penggunaan LKS
LKS ini digunakan untuk KD …. Dan Indikator …..
|LK ini digunakan untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran pemecahan masalah (problem based learning)



Contoh LKS 4:
Untuk kegiatan Diskusi dengan Model tertentu
  1. Deskripsi LKS
LKS  ini memuat TOPIK (termasuk sub-topik)  yang harus didiskusikan siswa secara berkelompok dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan model. Misalkan STAD, Jigsaw, NHT, TPS, Bertukar Pasangan, dll.
Tuliskan langkah-langkah diskusi sesuai dengan Model Diskusi yang digunaklan.
Setelah diskusi dalam kelompoj, diskusikan dalam diskusi pleno/kelas atau kegiatan tindak lanjut sesuai dengan model diskunya.
Rancangannya:
1)      Topik dan subtopik (jika diperlukan)
2)      Langkah-langkah/cara berdiskusi (sesuai dengan syntax/scenario/langkah-langkah dalam model pembelajaran yang dipakai, bis dimodifikasi).
3)      Tugas khusus diskusi, atau pertanyaan yang harus diselesaikan melalui diskusi
4)      Kegiatan Diskusi Kelas/Pleno


  1. Penggunaan LKS
LKS ini digunakan untuk KD …. Dan Indikator …..
|LK ini digunakan untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran Diskusi model STAD, JIGSWAS, NHT, TPS atau lainnya.





























4. LEMBAR PENILAIAN/ASSESSMENT

Lembar penilaian memuat antara lain :
  1. Bagian I : Rancangan Penilaian Tes yang akan dilakukan. |Yang terdiri atas:
(1)   Kisi-kisi soal tes
(2)   Butir Soal
(3)   Kunci jawaban/rambu-rambu jawaban
(4)   Pedoman Penekoran
(5)    
  1. Bagian II : |Rancangan Penilaian Non-tes. Yang terdiri atas dua bentuk:
(1)   Penilaian Non-tes untuk aspek Akademis/Kognitif atau Keterampilan Teknis/ Psikomotorik
(2)   Penilaian |Non-tes untuk Aspek Afektif / Pendidikan Karakter

Contoh 1 : Rancangan Penilaian Tes

(1|)  Kisi-kisi soal Tes

  1. Matapelajaran
  2. Kelas/Semester
  3. Standar Kompetensi
  4. Kompetensi Dasar

NO
INDIKATOR
JUMLAH SOAL TERTULIS
SOAL LISAN/ UNJUK KERJA
URAIAN
PILIHAN
































(2)    Soal Tes Tertulis es & Kunci Jawaban
A.    Butrir Soal Tes Uraian
B.     Butir |oal Tes Pilihan
C.     Kunci Jawaban

(3)    Soal Tes Lisan / Unjuk Kerja
Tuliskan perintah atau soal yang sesuai

(4)   Pedoman |Penyekoran







Contoh 2 : Rancangan Penilaian Non-Tes ntuk Aspek Akademis

Instrumen Pengamatan Kemampuan Akademik dalam Kegiatan Diskusi  

NO
ASPEK KEMAMPUAN YANG DIAMATI
SKOR
1
Kemampuan mengemukakan pendapat/argumentasi
1    2    3    4    5
2
Katepatan/kesesuaian jawaban/tanggapan
1    2    3    4    5
3

1    2    3    4    5
4

1    2    3    4    5
5



JUMLAH SKOR

|
Rukrik Penilaian

Keterangan



Contoh 3 : Rancangan Penilaian Non-Tes untuk Aspek Karakter

Instrumen Pengamatan Karakter  dalam Kegiatan Diskusi

NO
ASPEK KARAKTER YANG DIAMATI
SKOR
1
Kemampuan bekerjasama/Solidaritas
1    2    3    4    5
2
Katerbukaan /Demokratis
1    2    3    4    5
3
Kemampuan berkomunikasi lisan
1    2    3    4    5
4
Sopan santun
1    2    3    4    5
5



JUMLAH SKOR


ukrik Penilaian


Keterangan








CONTOH UNTUK SD/SMP/SMA
FORMAT SILABUS KTSP
(Permendiknas No. 41/2007)

Satuan Pendidikan                              : _______________________________
Kelas/Semester                                    : _______________________________
Program/Program Keahlian                 : _______________________________
Matapelajaran                                      : _______________________________
Jumlah Pertemuan (untuk 1 SK)         : _______________________________

STANDAR KOMPETENSI : _______________________________________________________________________________________________________________

KOMPETENSI
DASAR
MATERI AJAR
DAN  URAIAN MATERI  AJAR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KARAKTER
INDIKATOR
PENCAPAIAN
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
1
2
3

4
5
6
7
KD 1







TATAP MUKA




PENUGASAN TERSTRUKTUR




KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR

Tuliskan karakter yang sesuai TM


Tuliskan karakter yang sesuai PT



Tuliskan karakter yang sesuai KMTT





Lanjutab

KD 2













TM

PT

KMTT





KD 3 DST













TM

PT

KMTT








0 komentar:

Poskan Komentar